-

Minggu, 29 April 2018

Urin berdarah adalah tanda awal dari batu ginjal

Urin berdarah adalah tanda awal dari batu ginjal,- Batu ginjal merupakan salah satu gangguan saluran kemih yang paling umum. Disebut batu karena memang bentuknya material keras yang menyerupai batu yang terdapat di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari limbah di dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu. Penyebabnya bisa makanan atau masalah kesehatan lain.

Jenis, bentuk dan ukuran batu dapat sangat bervariasi dan paling sering terjadi pada orang berusia 20-40 tahun.

Batu-batu kecil biasanya keluar bersama urin tanpa gejala, namun batu-batu besar dapat menghalangi uretra menyebabkan sakit yang parah. Hal ini terjadi ketika batu terjebak dalam tabung yang menghubungkan kandung kemih ke ginjal, yang dikenal sebagai ureter. Berikut adalah beberapa gejala batu ginjal:

Darah dalam urin
Jika Anda urin Anda berdarah disertai sakit perut saat berkemih, itu bisa jadi tanda batu ginjal. Batu bergesekan dengan bagian dalam ureter sehingga menyebabkan perdarahan.

Nyeri pada ginjal
Ketika batu terjebak dalam ginjal dapat menyebabkan nyeri pada sisi perut yang terkena. Nyeri juga bisa terjadi di area belakang tubuh, kedua sisi tubuh, pangkal paha, dan alat kelamin. Rasa sakit bisa begitu parah sehingga banyak orang menyebutnya sebagai rasa sakit terburuk dalam hidup mereka.

Kolik ginjal
Nyeri ini bisa datang dan pergi atau tetap. Penyebabnya adalah batu bergerak di dalam ginjal. Anda mungkin akan berkeringat atau merasa nyeri. Mengubah posisi tubuh tidak mengurangi rasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar