-

Rabu, 06 September 2017

Gara-gara es teh, pria ini kena gagal ginjal

Gara-gara es teh, pria ini kena gagal ginjal,- Seorang pria di Arkansas, Amerika Serikat, dibawa ke rumah sakit setelah mengeluh mual, lemas, dan nyeri di sekujur tubuhnya. Hasil tes medis mengungkapkan bahwa pria yang tak disebutkan namanya itu terkena gagal ginjal.

Dokter menemukan kadar kristal oksalat kalsium yang tinggi di dalam tubuh pria itu. Kristal oksalat kalsium merupakan kristal yang dapat membentuk batu ginjal. Tetapi anehnya, pria itu berkata bahwa dia tidak memiliki riwayat keluarga dengan batu ginjal.

Dokter pun bertanya tentang kebiasaan makannya, yang menunjukkan bahwa dia minum 16.250 ml es teh setiap hari atau setara dengan lebih dari empat liter.

teh hitam memiliki kadar oksalat yang tinggi, zat kimia yang dikenal membentuk batu ginjal dan bahkan menyebabkan gagal ginjal jika dikonsumsi dalam dosis berlebihan.

"Itu satu-satunya penjelasan yang masuk akal," kata Dr umbar Ghaffar dari University of Arkansas.

Karena kebiasaan itu, pria tersebut dikatakan mengalami kerusakan ginjal parah, dan dokter pun mengatakan bahwa dia kemungkinan akan menghabiskan sisa hidupnya dengan cuci darah.

Teh hitam memang memiliki kadar oksalat yang tinggi, namun tidak berarti itu berbahaya bagi tubuh. Teh hitam juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh, bila dikonsumsi dalam takaran yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar